Pameran Seni Rupa STKW di Malaysia

SURABAYA: Sebanyak 20 mahasiswa dan dosen jurusan seni rupa Sekolah Tinggi Kesenian Wilwatikta (STKW) Surabaya mulai hari ini (20/11) memamerkan karyanya di Galeri Malaysia Institut of Art (MIA). Dalam rangkaian ini juga diselenggarakan diskusi seni visual (27/11) dengan pembicara Mr. Zariyadi Sarpin (National Art Gallery), Dr. Rosli Zakaria (MIA) dan Mufi Mubaroch (Kajur Seni Rupa STKW).

Program ini merupakan bagian dari kerjasama antara STKW dengan MIA sejak tahun 2015, dimana 5 (lima) bulan yang lalu dimana pihak MIA sudah menyelenggarakan acara yang sama di kampus STKW Surabaya. Menurut Kepala UPT Lembaga Seni “Wilwatikta”, Drs. Arif Rofiq, MSn, kerjasama seperti ini memang baru pertama kali dilakukan dengan kampus luar negeri, dan hanya seni rupa, karena MIA adalah Institut Seni Lukis Malaysia.

Tanggal 25 November nanti Tim STKW akan berkunjung ke Malaysia selama empat hari, selain menghadiri grand opening pameran dan diskusi, juga akan menjalin kerjasama dalam bidang seni pertunjukan dengan Universitas Malaya. Tim itu terdiri dari Arif Rofik, Mufi Mubaroch, Haryanto dan Prof. I Wayan Dibia sebagai konsultan pengembangan STKW. Sementara Haryanto nanti akan menggelar workshop seni pertunjukan di Malaysia. “Nantinya kita juga akan bekerjasama dengan perguruan tinggi di Australia, ini sedang dirintis,” ujar Rofik. (hnr)