Taliasih Bagi 10 Seniman Lamongan

LAMONGAN: Sebanyak 10 (sepuluh) seniman-budayawan Lamongan mendapatkan Tali Asih dari Pemerintah Kabupaten Lamongan atas jasa-jasa dan dedikasinya bagi seni budaya selama ini. Pemberian Tali Asih tersebut diberikan oleh Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Lamongan, Chairil Anwar, SH, M.Si, mengawali pembukaan Pameran Lukisan Sili Obong 2 “reikonSILIasi” di Gedung Disparbud Lamongan, Sabtu malam (3/3).

Acara pameran itu sendiri merupakan acara perdana di gedung yang baru saja dibangun di atas gedung lama. Ruang besar di lantai dua itu memang dikonsep untuk ruang pertemuan dan pameran lukisan seperti yang dilangsungkan kali ini. Memang belum selesai semuanya, terutama untuk finishing dinding dan pendingin ruangan. Meski demikian, konsep ruang yang lepas ini memang sangat fleksibel untuk berbagai keperluan. Hanya sepertinya plafon kurang tinggi.

Chairil Anwar menjelaskan bahwa pameran ini merupakan kegiatan Dewan Kesenian Lamongan yang dikemas dengan nama “Lamongan Art”, dengan rangkaian acara berupa workshop lukis model, lomba mewarnai, lomba lukis, pentas ludruk dan diskusi seni rupa. Khusus untuk seni rupa, bekerjasama dengan Komunitas Perupa Lamongan (Kospela). Selain Kadisparbud, Chairil Anwar sendiri adalah juga Ketua Dewan Kesenian Lamongan (DKL).

Sepuluh seniman-budayawan tersebut rata-rata seniman tradisi yang dinilai masih kurang secara ekonomi namun memiliki nilai dedikasi yang luar biasa. Mereka yang masing-masing menerima uang sebesar Rp 1.000.000,-  (satu juta rupiah) itu adalah:

  1. Supriyo, Pemerhati Budaya: Desa Klagensrampat RT 001 RW 001 Kec. Maduran
  2. Yatno, Seniman Ludruk: Dsn Tlatah RT 001 RW 003 Ds. Wateswinangun Kec Sambeng
  3. Kasmijono Sadak: seniman lukis, Made Kidul IV NO 2 RT 003, RW 009 Made Lamongan
  4. Asenah, Waranggana: Dusun Deleg RT 002 RW 003, Ds. Keiorarum Kec, Tikung
  5. Sadi, Pelestari Karawitan: Dsn. Nyamplung RT 003 RW 001 Ds Moonyamplung, Kembangbahu
  6. Sidi, Pelestari Tayub: Dsn. Banjargondang RT 001-RW 003 Ds. Banjargondang Rec. Bluluk
  7. Achmad Chambali, Sejarahwan: Jln. Sunan Giri Gg Pusaka No 1 – RT 002 RW 001 Kel Sukorejo
  8. Suroso, Seniman Kepang Dor: Dsn Blawi RT 003 001 Ds. Sendangrejo Kec. Ngimbang
  9. Rohmad, Seniman Jidhor: Dsn Banjarmadu, RT 002, RW 004, Ds. Banjarmadu Kec, Karanggeneng
  10. SUWARTO, Seniman Kepang Dhor: Dsn Sambilan RT 001, RW 001 Ds. Mantup Kec. Mantup. (hnr)