Ludruk Brawijaya di Taman Krida Budaya

MALANG: Ludruk Brawijaya dari Pacet, Kabupaten Mojokerto, akan menggelar lakon “Dalang Sariguno Nyi Rara Kidul Mantu di Taman Krida Budaya Jawa Timur, Jalan Sukarno Hatta, Kota Malang, Sabtu (24/3).

Ludruk Brawijaya adalah salah satu peserta Festival Ludruk Jawa Timur yang diselenggarakan oleh Balai Pelestarian Nilai Budaya (BPNB) di gedung Cak Durasim tahun lalu (25-27/9). Dalam acara tersebut Ludruk Brawijaya meraih gelar Aktor Terbaik yang dibawakan oleh Didit dalam lakon Sogol Pendekar Sumur Gemuling.

Kepala UPT Taman Budaya Jawa Timur, Sukatno, SSn, MM, mengatakan bahwa pergelaran ludruk di TKB Malang ini merupakan program periodik teater tradisi dari Taman Budaya Jawa Timur dan merupakan pergelaran yang pertama kali sepanjang tahun 2018.  Pergelaran lainnya yang akan menyusul adalah Ludruk Gita Praja dari Jombang (14/4), Ludruk Merdeka Jombang (30/6), Ludruk RRI Surabaya (21/7), Ludruk Irama Budaya Sinar Nusantara Surabaya (22/9), Ludruk Armada Kabupaten Malang (20/10), Ludruk Karya Baru Kab. Mojokerto (24/11) dan ditutup dengan Ludruk Karya Budaya kota Mojokerto (15/12). (hnr)