Gelar Tradisi Uyon-uyon di Tulungagung

TULUNGAGUNG: Acara rutin berupa gelar Uyon-uyon yang selama ini dilangsungkan di Graha Wisata Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Jawa Timur setiap Kamis (Malem Jumat Pahing) khusus bulan ini dilangsungkan di pendopo Kabupaten Tulungagung.

Kepindahan lokasi acara ini terkait dengan Dr. H. Jarianto, M.Si sebagai Kepala Disbudpar Jatim yang ditugaskan menjadi Pejabat Sementara (Pjs) Bupati Tulungagung menggantikan Bupati definitif yang kebetulan kali ini maju lagi dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) sebagai calon petahana. Kebetulan bulan ini memang giliran Kabupaten Tulungagung yang seharusnya mengisi acara rutin di Surabaya tersebut.

Menurut Jarianto, sebetulnya tradisi uyon-uyon itu di Tulungagung malah sudah menjadi acara rutin setiap minggu, yaitu setiap Kamis malam. Namun kali ini menjadi istimewa karena dikemas sebagai acara tingkat provinsi. Sebagaimana biasanya, maka seluruh jajaran di bawah Disbudpar Jatim ikut menghadiri acara ini, termasuk Sekretaris Disbudpar, Sinarto, S.Kar, MM, yang sehari-hari menggantikan tugas Kadisbudar.

Disamping itu, dalam acara yang dikemas dalam agenda “Pengembangan Potensi Seni Budaya” ini juga dihadiri oleh Sekretaris Dirjen Kebudayaan Kemendikbud, Dra. Sri Hartini, MSi yang kebetulan sedang ada acara di Tulungagung. (hnr)