Sanggar Lidi Pentaskan Pergerakan Nasionalisme

SURABAYA: Sebuah drama realis berjudul “AKTVIZM” karya dan sutradara Totenk MT Rusmawan dan Pimpinan Produksi Satrio Nugroho, akan dipentaskan oleh Sanggar Lidi Surabaya di gedung Cak Durasim, jalan Gentengkali 85 Surabaya, hari Kamis (11/4) pukul 19.30 WIB.

Ketua Sanggar Lidi,  Wawan Kurniawansyah menjelaskan,  bahwa drama ini menceritakan Sejarah Pergerakan Nasionalisme hingga perkembangan yang terjadi, dari asal mula hingga dampak realita yang lahirkan, melahirkan, terlahirkan berbagai peristiwa sosial, peradaban, kebudayaan yang akhirnya menciptakan tatanan kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara. Drama ini dikemas dalam dialog-dialog intim tentang sebuah idealisme dari tiga sudut pandang lapisan masyarakat yang dipadukan dengan koreografi yang menyimbolkan sejarah pergerakan.

Ditengah kondisi politik bangsa yang bergolak dan penuh gejolak pasca maraknya sosial media di Negeri Timur, membuat carut-marut hadirnya kebenaran hakiki dalam karakter sebuah bangsa. Satu sama lain menjadi mudah benar dengan menyalahkan. Pembahasan berbagai lapisan masyarakat dari pembahasan bebas di warung kopi, obrolan keluarga hingga perbincangan pejabat pemerintahan Negeri Timur telah mencerminkan betapa Negeri Timur menjadi  bangsa yang pingsan, tidak memiliki kesadaran, lupa kenyataan, sibuk dengan bualan-bualan yang diciptakan sendiri lewat asap harapan, tanpa mengukur kemampuan kolektif Bangsa. Lantas apakah obrolan warung kopi, keluarga dan perbincangan pejabat mampu memberikan kajian hingga lahirkan kesadaran yang mampu ciptakan solusi ?

Sanggar Lidi Surabaya didirikan 18 Oktober 2012, oleh Ndindy Indijati dan Totenk Mahdasi Tatang. Pementasan di gedung Cak Durasim ini adalah yang ketiga kalinya. Sebelumnya, “Dharma Seni untuk Negeri II” Pementasan Teater “Gayatri”, (20 Mei 2015) dan Pentas Teater “Kabar Negeri Timur” atas undangan parade Teater Taman Budaya Jatim (20 Juli 2015).

Sedangkan naskah “Aktivzm” sendiri pernah dipentaskan dalam bentuk fragmen di Kedai Moeljo Jalan Taman Apsari Surabaya dalam rangka ikut memeriahkan Hari Teater Dunia (27/3).  Tiket pre sale Rp 30K, OTS Rp 50 K.  Narahubung: 0821 2260 6098 – 0822 3360 9706. (hnr)