Pergeseran Posisi di Disbudpar Jatim

SURABAYA: Seusai libur panjang Idul Fitri tahun ini sejumlah pejabat di pemerintahan provinsi Jawa Timur mengalami perubahan posisi termasuk di bawah Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar). Khusus pejabat yang terkait dengan kesenian dan kebudayaan, pergeseran ini seperti gerakan buah karambol, dimana perpindahan yang satu menggeser yang satunya, dan yang digantikan juga menggeser yang lainnya lagi, sampai akhirnya pejabat terakhir menempati posisi yang belum terisi personalnya.

Gerakan karambol ini bermula dari Pramuka Atmaji, staf bidang Kebudayaan Disbudpar yang selama ini dikenal sebagai  koreografer terkenal dengan nama Dimas Pramuka Atmaji. Kali ini posisinya naik tingkat menjadi Kepala Seksi (Kasi) Pengembangan Kelembagaan Budaya yang semula dijabat oleh Dra. Atik Dwi Indarti. Otomatis Atik juga harus pindah. Dari kantor di kawasan Jalan Wisata Menanggal Atik pindah kantor ke Jalan Embong Ploso Surabaya. Di UPT Laboratorium, Pelatihan dan Pengembangan Kesenian (LPP Kesenian) yang dipimpin oleh Efie Widjajanti, SSos, MMPd ini Atik menggantikan posisi Setiya, SH, sebagai Kasi Laboratorium Kesenian UPT PPP Kesenian.

Setiya juga harus pindah kantor ke Jalan Gentengkali 85 Surabaya menjadi Kasi Pengembangan Seni dan Budaya UPT Taman Budaya Jawa Timur yang dipimpin oleh Sukatno, SSn, MM. Posisi ini menggeser Widodo, SSn, MM, yang kemudian menempati posisi baru yang memang belum ada pejabatnya, yaitu Seksi Operasional di UPT Pemberdayaan Lembaga Seni Wilwatikta yang membawahi Sekolah Tinggi Kesenian Wilwatikta (STKW) Surabaya dan dipimpin oleh Ka UPT Drs. Arif Rofiq, MHum.

Sedangkan di lingkungan LPP Kesenian juga harus kehilangan salah satu stafnya, yaitu Dra. Sri Mustika yang selama ini staf bendahara harus pindah kantor ke Jalan Wisata Menanggal naik tingkat menjadi Kepala Seksi Registrasi Cagar Budaya dalam lingkup Bidang Cagar Budaya dan Sejarah Disbudpar yang dipimpin Endang Prasanti. Pejabat yang digantikan Sri Mustika ini sudah memasuki masa pensiun.

Satu pejabat lagi di lingkungan Disbudpar yang menempati posisi baru adalah Kus Adiyanto, SSos, MM, yang menduduki posisi sebagai Kepala Seksi Peningkatan Sumberdaya Manusia Ekonomi Kreatif pada UPT Pengembangan Ekonomi Kreatif Taman Candra Wilwatikta di Pandaan, Pasuruan.

Para pejabat tersebut di atas sudah dilantik oleh Gubernur Jawa Timur, Dr. H. Soekarwo, di Gedung Negara Grahadi Surabaya pada hari Jum’at (8/6), persis hari terakhir menjelang libur panjang Idul Fitri. Pada kesempatan itu Gubernur melantik sebanyak 195 pejabat baru eselon IV di lingkungan Pemprov Jatim.

Sementara itu posisi yang sudah beberapa bulan ini masih kosong justru yang mengepalai Bidang Kebudayaan Disbudpar. Dra. Hartini, MM sudah memasuki masa pensiun dan hingga sekarang belum ada penggantinya. Pelaksana tugas sebagai Kepala Bidang Kebudayaan dirangkap ole Sinarto, S.Kar, MM yang juga sebagai Sekretaris Disbudpar Jatim.

Kepala Disbupar Jatim sendiri. Dr. H. Jarianto, MSi, masih merangkap jabatan sebagai Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Tulungagung (hnr)