Ujian Karya Karawitan  9 Mahasiswa STKW Surabaya

SURABAYA: Sebanyak 9 (sembilan) mahasiswa jurusan Karawitan Sekolah Tinggi Kesenian Wilwatikta (STKW) Surabaya menggelar ujian tugas akhir di Gedung Cak Durasim, Taman Budaya Jawa Timur dengan mengusung tema “Wira Gangsa Mahambara.” Kesembilan mahasiswa tersebut adalah bagian dari 21 mahasiswa peserta ujian, dimana 12 peserta lainnya memilih ujian tugas akhir dalam bentuk skripsi.

Gelar karya seni selama 2 (dua) hari ini (1-2 Agustus) ini diuji oleh 3 Dewan Penguji yaitu Joko Susilo M.Sn., Sabar M.Sn. dan Hari Wirawan M.Sn. Kemudian akan dipertanggungjawabkan dalam persidangan  tanggal 4 Agustus 2018 di kampus STKW  Surabaya.

“Tugas akhir merupakan salah satu dari mata kuliah yang wajib tempuh bagi mahasiswa untuk mencapai kompetensi standar kelulusannya. Dalam peraturan Menristekdikti No.44 Tahun 2015, untuk kelulusan diwajibkan setiap perguruan tinggi harus memiliki tiga kompetensi yang harus diberikan kepada mahasiswa. Ranah sikap, ranah pengetahuan dan ranah ketrampilan,” jelas Trinil Windrowati M.Sn dalam sambutannya mewakili  ketua I STKW Surabaya.

Selain sebagai pemenuhan formal untuk menyelesaikan jenjang program Strata 1, juga dimaksudkan untuk memperkenalkan dan memunculkan karya-karya seni karawitan mahasiswa STKW kepada masyarakat umum. Karena itu dijalin kerjasama dengan pihak UPT Taman Budaya Jatim dalam kategori program fasilitasi, dimana gedung, lighting, sound system dan sebagainya tanpa dikenakan biaya.

Wahyu Guntur Salmon Dewanto dengan judul “Dusthakrama” maju sebagai peserta uji pertama. Sebuah konsep yang berangkat dari kegelisahannya akan masyarakat modern saat ini. Berkembangnya teknologi komunikasi di media sosial dan berbagai macam aplikasi menjadikan polemik di tengah-tengah masyarakat. Sehingga, nilai-nilai yang terkandung dalam masyarakat mulai luntur. Sikap individualis dan arogan tepengaruh dengan kemajuan zaman. Sebagai komponis ia  berpijak pada gamelan laras pelog dan dipadukan dengan perkusi yang diharapkan mampu menjadi penyeimbang dalam masyarakat.

Pada hari pertama acara digelar oleh 4 peserta uji dan hari berikutnya 5 peserta uji karya seni karawitan.

Berikut ini adalah nama-nama dari para peserta Gelar Karya uji tugas akhir STKW yang tampil di Gedung Cak Durasim tahun akademik 2017/2018 :

  1. Wahyu Guntur S.D, dengan judul karya seni “Dusthakrama”
  2. David Annanias W, dengan judul karya seni “Nglaras Lelakon”
  3. Abrianto Dwi K, dengan judul karya seni“Manunggaling Rasa”
  4. Moch. Maskur, dengan judul karya seni“ Kumarajana”
  5. Antoni Farezi, dengan judul karya seni “Dharingan Uni”
  6. Dimas Febriana A.W, dengan judul karya seni “ Kala Karna”
  7. Nurul Huda, dengan judul karya seni “ Gurnita”
  8. Adlin Mustika Alam, dengan judul karya seni “Suluk Tangkub”
  9. Aeis Iswandi, dengan judul karya seni “ngGantes” (lya)