Hari Tari Dunia, “Dance of Panji”

Ikut memeriahkan Hari Tari Dunia (World Dance Day) dan menyongsong Festival Panji Nusantara 2019, Museum Panji di Tumpang Malang menyelenggarakan Pentas Ekspresi Tari dengan tema “Dance of Panji”. Acara diselenggarakan hari Jum’at malam (26/4) melibatkan sekitar 350 penari dan seniman dari berbagai kalangan. Acara ini diawali dengan Sarasehan Literasi Budaya Panji pada siang harinya dengan narasumber Prof. Wardiman Djojonegoro, Endo Suanda, M. Dwi Cahyono dan Henri Nurcahyo, yang bekerjasama dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.

Hari Tari Dunia sendiri sebetulnya tanggal 29 April, namun Museum Panji menyelenggarakannya tanggal 26 April, dengan para penampil dari Universitas Negeri Malang (UM), Wayang Topeng Margo Utomo, Sanggar Sena Putra, Tari Teater Buari Cs, tari tunggal Marsam, tari ekspresi Panji Bondan cs, Tri Wahyuning Tyas, M. Soleh Adipramono, Jaranan Panji Kudo Maruto, Ludruk Panji, Reog Panji dan berbagai tari ekspresi lainnya.

Pemilik Museum Panji, Dwi Cahyono, SE, menjelaskan, sebagian pergelaran dilakukan di panggung air yang merupakan ciri khas Museum Panji. Panggung Air ini pada hari-hari biasa juga dimanfaatkan untuk kolam rekreasi bagi anak-anak. Di sekeliling panggung ini terdapat tiruan relief Cerita Panji sebagaimana yang terdapat di pendopo teras Candi Penataran.

Pertunjukan ini gratis, terbuka untuk umum, namun penonton harus melakukan registrasi dulu ke nomor:  0812 3456 7890 (Dio) – (*)