BrangWetan Kerjasama Sinau Bahasa Jawa

Komunitas Seni Budaya BrangWetaN menjalin kerjasama dengan Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Bahasa Jawa Kabupaten Sidoarjo dan sekaligus juga dengan Majalah berbahasa Jawa “Jayabaya.” Kerjasama informal ini tercetus dalam acara rutin “Sinau Bahasa Jawa” yang digelar oleh Komunitas BrangWetan di sekretariatnya, Perumahan Pondok Mutiara Sidoarjo, Sabtu (24/10).

Pada mulanya acara ini diisi dengan materi belajar menulis aksara Jawa. Namun sejak berlangsung pertama kali tanggal 19 September ternyata peminatnya yang hanya sekitar 7 (tujuh) orang namun makin lama malah hanya tinggal 2-3 orang saja. Karena itu lantas dicari bagaimana formula pelaksanaan acara ini agar menarik minat dan tidak membosankan.

Dalam pertemuan kali ini hadir ketua MGMP Bahasa Jawa SMP, Sunardi, dan Pemimpin (Pamong) Redaksi Majalah Jayabaya, Widodo Basuki, yang juga seorang sastrawan dan pelukis.

Beberapa hal yang menjadi kesepakatan adalah, kegiatan rutin tiap hari Sabtu ini diubah menjadi pertemuan dua minggu sekali. Kedua, MGMP Bahasa Jawa siap mengajak beberapa anggotanya untuk ikut nimbrung dalam acara Sinau Bahasa Jawa yang diselenggarakan oleh BrangWetan untuk memerkaya proses pembelajaran. Sebaliknya, MGMP Bahasa Jawa mengharapkan pihak BrangWetan dapat memberikan materi mengenai seni budaya kepada para anggota MGMP. Hanya saja karena saat ini masih dalam masa pandemi maka format pertemuan masih perlu disiasati. Apakah dilakukan dalam pertemuan sangat terbatas ataukah melalui jaringan internet (daring).

Sedangkan majalah Jayabaya bersedia membuka kesempatan bagi anggota BrangWetan untuk belajar membaca dan menulis dalam bahasa Jawa. Dengan demikian acara Sinau Bahasa Jawa tidak melulu belajar carakan Jawa atau Hanacaraka melainkan bahasa Jawa dalam aksara latin. (h)