PODCAST POJOK TOLERANSI DI SMPN 1 WARU

no-img
PODCAST POJOK TOLERANSI DI SMPN 1 WARU

SIDOARJO: Untuk menyosialisasikan nilai-nilai toleransi kepada para siswa Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 1 Waru telah membangun ruang Podcast Pojok Toleransi. Acara di sarana podcast ini diisi oleh Duta Toleransi dan Guru Pendamping untuk berbagi pengalaman mengenai toleransi dari lingkungan sekolah maupun masyarakat.  Selain itu juga disampaikan melalui Papan Cerita Lingkungan yang diletakkan di Majalah Dinding untuk berbagai pengalaman di sekolah.

Keberadaan sarana podcast ini diperlihatkan kepada Tim Komunitas Seni Budaya BrangWetan saat mengadakan acara kunjungan ke SMPN 1 Waru, Sidoarjo, Sabtu pagi (27/08/22). Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum, Lilik Isnawangsih, S.Ag, M.Pd, hadir mewakili kepala sekolah Dra. Neny Arifah, M.Pd, yang tidak bisa masuk karena sedang  sakit.

Ibu Lilik Isnawangsih menjelaskan bahwa visi SMPM 1 Waru mengalami perubahan. Selama ini visinya adalah: Berwawasan Global, Unggul dalam Prestasi, Peduli Lingkungan, Serta Berupaya Mencegah Kerusakan dan Pencemaran, Berdasarkan Iman dan Takwa.

Sedangkan visinya yang sekarang adalah: Berakhlak Mulia, Berkompeten, dan Berprestasi.

Berakhlak mulia merupakan bagian dari karakter. Termasuk di dalamnya memiliki sifat toleransi. Sedangkan berkompeten dan Berprestasi merupakan impian masa depan. Bagaimana siswa memiliki sifat peduli lingkungan dan dapat berprestasi, antara lain, menjadi Duta Toleransi.

Dalam kesempatan itu, salah satu siswi yang bernama Pinknesia Rahma Fitanstyono menyampaikan program Duta Toleransi sebagaimana gelar yang pernah diraihnya dalam Pemilihan Duta Toleransi tingkat SMP Tahun 2021.

Pinknesia menyebutkan bahwa telah terbentuk Organisasi Milenial Toleransi (OMT) yang menghimpun para Duta Toleransi dengan divisi kreativitas, dan divisi toleransi. Kegiatannya antara lain melakukan Bakti Sosial, bekerjasama dengan OSIS dan siwa/siswi perwakilan kelas. Juga menggelar Event Budaya berupa permainan tradisional dan bazaar keragaman untuk merawat toleransi

SMPN 1 merupakan salah satu sekolah penerima manfaat program Cinta Budaya Cinta Tanah Air (CBCTA) dari Komunitas Seni Budaya BrangWetan. Sekolah yang berada di Jl. Kepuh Kiriman Sidoarjo ini merupakan salah satu dari 3 SMPN di Sidoarjo penerima manfaat program CBCTA BrangWetan tahap kedua. Dua SMPN lainnya adalah SMPN 1 Taman dan SMPN 1 Gedangan. Sedangkan dua sekolah menengah tingkat atas adalah SMAN 1 Gedangan dan MAN Nurul Huda, Sedati.

Disampaikan oleh Mohamad Masrullah, Direktur Program CBCTA, dalam waktu dekat BrangWetan akan datang lagi ke SMPN 1 Waru bersama dengan Forum Wartawan Sidoarjo (Forwas) untuk menggelara acara Coaching Clinic Jurnalistik. Kemudian dalam bulan Oktober mendatang diselenggarakan Festival Seni Toleransi. (hn)

In category:
Related Post
no-img
Guru Penggerak Juga Menggerakkan Toleransi di Sekolah

SIDOARJO: Para Guru Penggerak memiliki tugas utama sebagai inisiator pembel...

no-img
Perwakilan USAID Kunjungi SMPN 1 Taman, Sidoarjo

SIDOARJO: SMPN 1 Taman Sidoarjo mendapat kehormatan menerima kunjungan perw...

no-img
Siswa Jadi Agen Perubahan Wujudkan Toleransi di Sekolah

MOJOKERTO: Para siswa dapat menjadi agen toleransi dan perubahan untuk mewu...

no-img
Ekosistem Toleransi Berlaku untuk Semua Warga Sekolah

SIDOARJO: Mewujudkan Sekolah Toleransi tidak hanya sebatas ucapan dan admin...

no-img
Tiga SMPN Sidoarjo Jadi Percontohan Sekolah Toleransi

PASURUAN:  Program Sekolah Toleransi yang dilaksanakan oleh Komunitas Seni...

no-img
Kasus Intoleransi Meningkat, Insan Pendidikan Harus Rapatkan Barisan

PASURUAN:  Kasus intoleransi di Indonesia mengalami peningkatan drastis. D...