LOMBA VLOG CERITA PANJI 2022

no-img
LOMBA VLOG CERITA PANJI 2022

JAKARTA: Direktorat Pengembangan dan Pemanfaatan Kebudayaan Direktorat Jenderal Kebudayaan (Ditjenbud) Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Kemendikbud Ristek) menyelenggarakan Lomba Vlog Cerita Panji. Terbuka untuk masyarakat umum, terutama generasi muda, mahasiswa dan pelajar, serta pemangku kepentingan lainnya. Disediakan hadiah total sebanyak Rp 100.000.000,- (seratus juta rupiah). Lomba sudah dibuka tanggal 18 Agustus 2022 hingga 1 Oktober 2022, diselenggarakan workshop tanggal 27 Agustus 2022, pengumuman pemenang 1 November 2022.

Dalam siaran pers yang diedarkan panitia disebutkan, acara ini merupakan peran Direktorat PPK Ditjenbud Kemendikbud Ristek dalam fungsinya sebagai fasilitator yang mewakili kehadiran negara,  ingin membangun karakter dan menumbuhkan kesadaran tentang jatidiri, identitas kebangsaan bagi generasi muda, dengan menggali khasanah sastra-budaya Panji. Di samping itu juga dimaksudkan untuk menggugah kembali pelaku seni, masyarakat untuk lebih memahami sastra-budaya Panji, sebagai warisan budaya yang bisa dijadikan sumber inspirasi dalam penciptaan karya seni dan pemajuan kebudayaan.

Kegiatan Lomba Vlog Cerita Panji 2022 dimaksudkan untuk mensinergikan berbagai pemangku kepentingan yang selama ini cenderung masih terfragmentasi, menjadi semacam gerakan budaya yang berdasarkan rasa gotong royong, konsolidasi dalam tata kelola kebudayaan. Kegiatan ini diharapkan menjadi sebuah gerakan untuk mempopulerkan cerita Panji dengan garapan kekinian dengan memanfaatkan platform media sosial yang populer di kalangan anak muda, seperti Tiktok, Instagram, atau YouTube.

Kegiatan Lomba Vlog Cerita Panji 2022 dilaksanakan dari bulan Agustus s.d. November 2022, dilaksanakan dalam bentuk vlog yang diunggah di media sosial Instagram dan YouTube masing-masing peserta. Karya yang dilombakan adalah cerita adaptasi/kreasi baru bertemakan Panji berdasarkan semangat positif dan edukatif bagi masyarakat.

Tujuan kegiatan ini adalah:

  1. meningkatkan apresiasi dan pemahaman masyarakat, terhadap cerita dan budaya Panji yang mengandung kearifan lokal, cerminan karakter bangsa;
  2. mengajak masyarakat dalam usaha aktualisasi, adaptasi dan transformasi cerita dan budaya Panji;
  3. memanfaatkan teknologi komunikasi, media sosial, untuk mengemas kreativitas cerita Panji;
  4. membangun karakter bangsa yang tangguh secara kultural melalui nilai-nilai budaya Panji;
  5. meningkatkan ketahanan budaya nasional dan diplomasi budaya;
  6. merawat dan mengapresiasi cerita Panji yang telah diakui sebagai MoW oleh UNESCO.

Penilaian ditekankan pada kreativitas dan kekinian, dengan aspek penilaian sebagai berikut: Orisinalitas (karya asli); Kesinambungan dengan Tema (sesuai dengan kategori dan tema Panji); Koherensi struktur cerita; dan Gaya ungkap (komunikatif artistik).

Ketentuan

  1. Ketentuan Umum
  2. Kompetisi bersifat terbuka dan tidak dipungut biaya;
  3. Peserta adalah Warga Negara Indonesia;
  4. Mengisi formulir pendaftaran melalui link ly/LombaVlogPanji2022;
  5. Lomba terbuka untuk umum;
  6. Peserta hanya bisa mengirimkan satu karya;
  7. Peserta wajib follow, mention, dan tag akun Instagram dan YouTube @budaya_maju, @budayasaya, @kemdikbud.ri, dan @jalurrempah.ri;
  8. Peserta wajib mention lima akun teman di caption;
  9. Gunakan hastag yang telah ditentukan #lombavlogceritapanji2022 #panjibudayaindonesia #ceritapanjiindonesia2022 #budayaindonesia #Kemendikbudristek #Seni #vlog
  10. Pengiriman karya dimulai pada tanggal 18 Agustus 2022 s.d. tanggal 1 Oktober 2022 pukul 23.59 WIB.
  11. Formulir pendaftaran karya yang dikirimkan/diunggah disertai dengan:

12. Pemenang akan diumumkan pada tanggal 1 November 2022 melalui akun Instagram Direktorat Pengembangan dan Pemanfaatan Kebudayaan @budaya_maju.

13. Informasi lebih lanjut tentang lomba dapat menghubungi Sekretariat Lomba Vlog Cerita Panji 2022 melalui nomor telfon Jeannet (0821 9008 1754) dan Ninda (0818 0430 0350).

Ketentuan Karya

  1. Karya berbentuk video dengan durasi 3 – 7 Menit.
  2. Karya vlog yang diikutkan kompetisi adalah karya cipta pribadi, orisinal dan belum pernah dipublikasikan atau diikutsertakan dalam kompetisi apapun dan atau kompetisi sejenis. Apabila terbukti ada beberapa bagian video yang mirip atau sama dengan video yang sudah ada atau yang sudah beredar di ruang publik, maka karya tersebut dianggap gugur;
  3. Karya mengambil topik seputar teks-teks yang berkaitan cerita Panji;
  4. Karya video telah diunggah melalui kanal YouTube atau Instgram pribadi peserta lomba (tidak terkunci);
  5. Karya tidak mengandung SARA, pornografi, dan tidak melanggar hukum/aturan yang berlaku dan tidak terdapat atribut politik apapun;
  6. Keputusan Dewan Juri tidak dapat diganggu gugat.

Pemenang

  1. Pemenang merupakan 20 karya terbaik (tanpa peringkat);
  2. Pemenang karya terbaik mendapatkan apresiasi masing-masing sebesar Rp 5.000.000,- dipotong pajak,
  3. Seluruh karya pemenang akan difasilitasi panitia untuk didaftarkan HaKI;
  4. Karya pemenang akan diseleksi untuk dikembangkan sebagai skenario, buku, naskah cerita atau karya multimedia secara profesional oleh panitia; Panitia berhak melakukan perbaikan yang dianggap perlu atas karya pemenang. Pengolahan Kreatif dan Pengelolaan Hak Eksklusif karya pemenang menjadi hak Kemdikbudristek dan dapat digunakan selama 2 (dua) tahun (2023-2024);
  5. Video dapat dikembangkan bekerjasama dengan pihak lain selama mendapatkan izin tertulis dari Kemdikbudristek.

Kewajiban Peserta

  1. Peserta bertanggung jawab penuh terhadap penggunaan materi dalam karya;
  2. Karya tidak mengandung muatan iklan dari pihak manapun;
  3. Mematuhi tata tertib yang ditetapkan oleh Panitia.

Jadwal Kompetisi

No Kegiatan Tanggal
1 Persiapan April-Agustus 2022
2 Pengumuman dan Publikasi Kompetisi, 18 Agustus 2022
3 Pendaftaran 18 Agustus -1 Oktober 2022
4 Workshop 27 Agustus 2022
5 Pengiriman karya (synopsis) 18 Agustus -1 Oktober 2022
6 Penjurian Oktober 2022
7 Pengumuman Pemenang 1 November 2022
8 Evaluasi dan pelaporan November-Desember 2022

Dalam siaran pers itu juga disebutkan bahwa Sastra Panji muncul pada masa Kerajaan Daha (Kediri) pada abad ke-13, yang mencapai kejayaan pada masa Kerajaan Majapahit. Cerita Panji tersebar di sebagian besar wilayah Nusantara, seiring dengan luasnya pengaruh Majapahit. Sebagaimana luasnya pengaruh dan interaksi Majapahit dengan bangsa-bangsa lain, cerita Panji kemudian tersebar luas di Asia Tenggara seperti Thailand, Myanmar, Burma, Kamboja, Malaysia, Brunei, dll. Panji ditransformasikan dan diadaptasi dengan kearifan lokal setempat, namun ciri khas panji tetap ada dan dilestarikan hingga kini.

 Kerajaan Siam (Thailand) menempatkan Panji sebagai sastra tinggi yang diapresiasi dan dihormati. Lukisan cerita Panji ditemui di dinding-dinding Istana Siam, cerita Panji dilestarikan dalam materi pelajaran di sekolah-sekolah. Jejak-jejak Panji di Nusantara banyak ditemui dalam pahatan-pahatan relief di berbagai candi, dalam seni pertunjukan, dongeng-dongeng, dan ekspresi budaya lainnya.

 Cerita Panji bukan sekadar kisah percintaan antara Raden Panji Inu Kertapati dengan Dewi Sekartaji, melainkan memiliki makna sebagai simbolisme penyatuan dua pihak yang berseteru, yang disimbolkan dengan kerajaan Jenggala dan Kediri. Cerita  Panji memiliki nilai universal luar biasa, yaitu menjadi acuan kepahlawanan, penghargaan kemanusiaan, mengetengahkan etika pergaulan, dan diplomasi budaya. Dalam kisah-kisah Panji, Raden Inu Kertapati selalu menjunjung nilai-nilai peradaban dan kemanusiaan. Cerita Panji muncul di berbagai wilayah Nusantara dan dapat dikatakan sebagai sebuah simbol kebesaran dan kekuatan kultural Bangsa Indonesia, yang berakar dari budaya Bangsa Indonesia sendiri.

 Terdapat ratusan naskah-naskah kuno cerita Panji tersimpan di perpustakaan Malaysia, Thailand, bahkan di Belanda dan Inggris. Kepopuleran cerita Panji dibuktikan dalam jejak budaya berupa karya sastra, relief-relief di berbagai candi. Cerita Panji menginspirasi ekspresi budaya yang variatif seperti film, seni pertunjukan, seni rupa, dan seni media. Luasnya pengaruh Panji membawa naskah-naskah cerita Panji memperoleh sertifikat Memory of the World (MoW) UNESCO pada 30 Oktober 2017. Naskah cerita Panji berhasil menjadi MoW atas pengajuan bersama dari beberapa perpustaan nasional di negara Indonesia, Malaysia, Kamboja, Belanda dengan dukungan British Library.

 Cerita Panji adalah pusaka leluhur Nusantara yang masih tetap relevan bagi kehidupan sekarang dan masa mendatang. Karena itu diperlukan transformasi (perubahan) dalam hal bentuk (format), waktu, pelaku, setting dan jalan cerita serta penafsirannya dengan tetap mengacu ada substansi cerita Panji. Cerita Panji tidaklah harus terkait dengan masa lalu dan menjadi klangenan (romantisme) belaka. Cerita Panji juga dapat ditransformasi menjadi kekinian. Spirit cerita Panji dapat menjadi inspirasi karya sastra kontemporer. Bagaimana menjadikan cerita Panji sebagai bahan baku proses kreativitas masa kini. (*)

In category:
Related Post
no-img
Perwakilan USAID Kunjungi SMPN 1 Taman, Sidoarjo

SIDOARJO: SMPN 1 Taman Sidoarjo mendapat kehormatan menerima kunjungan perw...

no-img
CERITA PANJI DARI BANYUWANGI

Cerita Panji yang sering muncul di Banyuwangi dalam pertunjukan seni drama ...

no-img
Topeng Dalang Klaten, Pelakunya Dalang Semua

TOPENG Dalang Klaten adalah seni pertunjukan tradisional yang juga membawak...

no-img
Wangi Indriya dan Toto Amsar Suanda Berbagi Cerita

Cerita Panji juga tumbuh kembang di tanah Sunda, tidak terkecuali di Indram...

no-img
Mengajarkan Gamelan Sebagai Tradisi Lisan

Bagian kedua: Diplomasi Panji Mengenalkan Budaya Indonesia di Prancis Hari ...

no-img
Diplomasi Panji Mengenalkan Budaya Indonesia di Prancis

Kadek dan Christophe tanpa lelah menjadi duta kebudayaan Indonesia di Pranc...