Pendaftaran Festival Budaya Panji 2024 Dibuka 

no-img
Pendaftaran Festival Budaya Panji 2024 Dibuka 

JAKARTA: Direktorat Pengembangan dan Pemanfaatan Kebudayaan, Direktorat Jenderal Kebudayaan, Kemendikbudristek kembali mengadakan Festival Budaya Panji tahun 2024. Cerita Panji merupakan sebuah warisan budaya tak ternilai yang telah ditetapkan sebagai “Memory of The World”. Festival Budaya Panji dilaksanakan sebagai medium penyebarluasan dan penguatan narasi budaya Panji dengan pesan universal tentang cinta, laku hidup dan kemanusiaan.

Setelah sukses melaksanakan ASEAN Panji Festival 2023, tahun ini kami mengajak pelestari budaya di seluruh Indonesia untuk berpartisipasi di Festival Budaya Panji 2024.

Pendaftaran dibuka mulai 22 Maret hingga 31 Mei 2024. Informasi lebih lanjut terkait pendaftaran dapat diakses melalui linktr.ee/FestivalBudayaPanji.

Menurut petunjuk teknis yang diedarkan oleh panitia, Bentuk kegiatannya berupa kuratorial dan seleksi terbuka, webinar Panji, asistensi dan rangkaian pameran sajian budaya Panji. Kurasi peserta undangan dilakukan untuk menentukan 5 kelompok terpilih berdasarkan persebaran dan keragaman (isi, cerita, ekspresi artistik, teknik penampilan dan lain-lain). Sedangkan seleksi terbuka berlaku untuk kelompok/sanggar/komunitas seni budaya dan akan memilih 5 kelompok terbaik. Kurasi karya seleksi terbuka dilakukan oleh para kurator berdasarkan kriteria yang ditetapkan yang terdiri dari kualitas karya, kreativitas sajian, pilihan moda sajian, keunikan, dan kelangkaan tema.

Peserta adalah kelompok/sanggar/komunitas seni budaya yang berada di wilayah Indonesia; Peserta wajib mengisi https://forms.gle/XCa2eWsS5SkKz3hJA (link Google Form) yang meliputi: a. Sinopsis cerita dituliskan dalam 300-500 kata. Cerita yang diangkat adalah kearifan lokal daerah asal peserta yang terkait dengan budaya Panji; b. Deskripsi bentuk teknik penyajian dari karya yang akan ditampilkan; c. Rekaman bakal sajian yang akan ditampilkan dalam waktu 5-10 menit atau contoh karya yang pernah diproduksi dalam bentuk soft file ke g-drive atau menyertakan tautan di kanal media sosial; d. Data pendukung administrasi berupa foto KTP, foto NPWP, dan foto sampul dalam buku rekening kelompok/ketua kelompok. Nama pemilik rekening dan pemilik NPWP adalah orang yang sama.

Pertunjukan diutamakan merupakan tafsir kreatif dan kontekstualisasi budaya Panji, bukan hanya terbatas pada kisah-kisah Panji yang sudah ada;

Pertunjukan secara langsung menggunakan musik live; Kelompok terpilih yang difasilitasi oleh Direktorat PPK terdiri dari 10-12 orang (penyaji dan kru); Penampilan wajib menghadirkan minimal 5 dan maksimal 12 orang di panggung pertunjukan; Kelompok terpilih akan didampingi oleh seniman pendamping yang ditunjuk oleh Direktorat PPK yang berperan sebagai mitra kreatif. (*)

In category:
Related Post
no-img
JEJAK BUDAYA PANJI DI TANAH BANJAR

Oleh Henri Nurcahyo (repost: Harian Media Indonesia, Minggu, 19 Mei 2024) &...

no-img
Cerita Panji Sebagai Peradaban Pesisir

Th Pegeaud menyebut bahwa Cerita Panji adalah salah satu contoh Sastra Pesi...

no-img
Pendaftaran Festival Budaya Panji 2024 Dibuka 

JAKARTA: Direktorat Pengembangan dan Pemanfaatan Kebudayaan, Direktorat Jen...

no-img
CERITA PANJI DARI BANYUWANGI

Cerita Panji yang sering muncul di Banyuwangi dalam pertunjukan seni drama ...

no-img
Topeng Dalang Klaten, Pelakunya Dalang Semua

TOPENG Dalang Klaten adalah seni pertunjukan tradisional yang juga membawak...

no-img
Wangi Indriya dan Toto Amsar Suanda Berbagi Cerita

Cerita Panji juga tumbuh kembang di tanah Sunda, tidak terkecuali di Indram...