8 Remaja Dinobatkan Jadi Duta Toleransi Sidoarjo, Mereka Pemenang Audisi Komunitas Brang Wetan

8 Remaja Dinobatkan Jadi Duta Toleransi Sidoarjo, Mereka Pemenang Audisi Komunitas Brang Wetan

SURYA.co.id | SIDOARJO – Delapan remaja dinobatkan sebagai Duta Toleransi Kabupaten Sidoarjo. Empat pelajar SMP dan empat pelajar SMA.

Mereka adalah pemenang audisi digelar oleh komunitas seni Brang Wetan. Para pelajar yang menjadi pemenang itu menerima penghargaan di Gedung DPRD Sidoarjo. 

Diserahkan oleh Ketua DPRD Sidoarjo, perwakilan Dinas Pendidikan Jawa Timur, dan Dinas Pendidikan Sidoarjo. 

Debora Cindy Audylia, juara pertama duta toleransi kategori SMA sederajat, mengaku sangat bersyukur dan berterimakasih atas penganugrahan sebagai duta toleransi Sidoarjo.

Dia mengaku, sejak awal memang sudah banyak aktif dan terlibat dalam organisasi pergerakan perempuan. Menurutnya, toleransi tidak hanya perihal saling menghormati perbedaan.

Namun ada poin-poin tertentu yang mencakup nilai-nilai diskriminasi dan lain sebagainya.

‘Bagi saya, dalam memperjuangkan hak-hak saya sebagai seorang perempuan, tentu tak lepas dari penerapan nilai-nilai toleransi ini. Dengan status sebagai duta toleransi, saya jadi semakin siap dalam bergerak untuk memberdayakan perempuan,’ ujar siswa kelas XI SMAN 1 Gedangan itu.

Selain Debora, di tingkat SMA ada tiga pelajar lain yang terpilih menjadi duta toleransi. Sedangkan di tingkat SMP juga ada empat pelajar. Masing-masing dari mereka mendapatkan piagam penghargaan dan uang pembinaan sebagai duta toleransi Sidoarjo.

Adapun keempat pelajar dari SMP yang dimaksud itu ialah, Evania Amara Nadya Putri sebagai juara satu asal SMPN 1 Gedangan, Rivaldi Satya yang mendapat juara kedua asal SMPN 1 Taman, Eka Rahmad Saputra yang menduduki juara ketiga asal SMPN 1 Sukodono, dan yang terakhir Pinknesia Rahma Fitanstyono sebagai juara harapan asal SMPN 1 Waru.

Sedangkan empat pelajar kategori SMA sederajat yang juga teranugrahi gelar duta toleransi Sidoarjo.

Mereka adalah  Debora Cindy Aulia sebagai juara pertama asal SMAN 1 Gedangan, M Irsyad Maulana Fikri sebagai juara kedua asal MA Darul Ulum Waru, Diyah Ayu Amanda sebagai juara ketiga asal MA Bahauddin, dan Jolanda Martha Nur Avicha sebagai juara harapan asal SMA Jati Agung. 

Ketua Komunitas Seni Brang Wetan Sidoarjo, Henri Nurcahyo menyampaikan penganugrahan gelar Duta Toleransi itu untuk menanamkan nilai-nilai toleransi sedini mungkin pada generasi penerus bangsa di Sidoarjo.

Dia menjelaskan, dalam beberapa waktu terakhir, iklim bertoleransi antar sesama di negara ini sedang tidak stabil. Hal itu dibuktikan dengan banyaknya kejadian konflik antar warga yang didasarkan dengan perbedaan masing-masing individu ataupun kelompok. ‘Karena itu kami berinisiatif untuk menanam dan menumbuh kembangkan iklim toleransi ini sedari dini dari kalangan pelajar.

Harapannya tentu agar mereka dapat menerapkan hal ini di setiap aspek kehidupan mereka, mulai dari lingkungan sekolah, keluarga, dan lain sebagainya,’ kata Henri.

Artikel ini telah tayang di Surya.co.id dengan judul 8 Remaja Dinobatkan Jadi Duta Toleransi Sidoarjo, Mereka Pemenang Audisi Komunitas Brang Wetan, https://surabaya.tribunnews.com/2021/04/28/8-remaja-dinobatkan-jadi-duta-toleransi-sidoarjo-mereka-pemenang-audisi-komunitas-brang-wetan?page=2.
Penulis: M Taufik
Editor: Parmin

 

In category:
Related Post
no-img
Pemkab Sidoarjo Apresiasi Program Duta Toleransi yang Digelar Komunitas Brangwetan

Editor: Nur Syaifuddin Wartawan: Mustain SIDOARJO, BANGSAONLINE.c...

no-img
Pemerintah Sangat Terbantu Rekomendasi BrangWetan

(SIDOARJOterkini) – Dinas Kepemudaan, Pariwisata dan Olahraga (Dispo...

no-img
DPRD Dan Disporapar Sidoarjo Apresiasi Rekomendasi Program Kebangsaan Kelompok Seni Budaya BrangWetan

Sidoarjo (republikjatim.com) – Dinas Kepemudaan, Pariwisata dan Olahr...

no-img
Debora Cindy Audylia: Toleransi Tidak Sekadar Menyangkut Konflik

Debora Cindy Audylia (16) terpilih sebagai Duta Toleransi Pelajar Sidoarjo ...

no-img
Komunitas Brang Wetan Pilih 8 Pelajar Sebagai Duta Toleransi Sidoarjo

Rabu, 28 April 2021, 23:24 WIB Reporter : M Ismail Sidoarjo (beritajatim.co...

no-img
8 Remaja Dinobatkan Jadi Duta Toleransi Sidoarjo, Mereka Pemenang Audisi Komunitas Brang Wetan

SURYA.co.id | SIDOARJO – Delapan remaja dinobatkan sebagai Duta&...