Berita

Street Origami Seniman Prancis di Malang

no-img
Street Origami Seniman Prancis di Malang

MALANG: Seniman asal Prancis Mademoiselle Maurice, hari ini, Rabu (8/8) pukul 10.00 – 17.00 akan membuat karya yang disebut street origami secara permanen di dinding Kampung Biru Malang dekat gang masuk sisi Embong Brantas. Sedangkan pembukaan hasil karya street origami tersebut dilakukan besok, Kamis (9/8)  pukul 16.00 di area terbuka Kampung Biru.

Origami memang selama ini dikenal sebagai “seni melipat kertas.” Tetapi di tangan seniman perempuan Mademoiselle Maurice, seni dari Jepang itu dikreasikan di atas dinding dengan berbagai macam bahan, termasuk limbah daur ulang.  Hal ini menjadi alternatif baru selain membuat mural untuk menghias dinding.

Kalau selama ini Malang sudah dikenal dengan Kampung Warna-warni Jodipan, maka Kampung Biru adalah sebuah ikon baru yang lokasinya tepat berada di seberang Kampung Jodipan. Dinamakan “Kampung Biru” karena sekitar 500 rumah dan di setiap sudut jalan dicat dengan warna biru, warna kebanggaan Arema, sehingga kampung ini juga dikenal sebagai “Kampung Biru Arema” yang baru diresmikan Februari yang lalu.

Tentu saja, bukan kali ini saja  Maurice membuat karya street origami. Bahkan bukan hanya dinding vertikal aja yang menjadi sasarannya melainkan juga benda-benda keseharian, pelataran beton dan juga hamparan salju serta instalasi indoor. Karya-karya yang luar biasa ini diunggahnya melalui instagram dan situsnya: http://www.mademoisellemaurice.com/en/ .

Menurut Kresna, penanggungjawab Budaya dan Komunikasi IFI Surabaya, sebelumnya IFI Surabaya sudah mendatangkan Maurice untuk mengadakan workshop origami untuk anak-anak yang dilangsungkan di Tugu Hotel Malang.

WOW – 20 Street art keren ini dibuat dari origami lho

Ditambahkannya, diharapkan kehadiran street origami oleh seniman Prancis ini dapat menggugah seniman-seniman Malang atau Jawa Timur untuk tertantang kreativitasnya. Dengan adanya karya ini secara permanen di Malang sekaligus dapat menambah ikon wisata baru yang kreatif. (hnr)

Keterangan: Foto-foto bersumber dari website dan instagram  Mademoiselle Maurice.

 

 

 

 

In category: Berita
Related Post
no-img
Belajar Melukis di Kampung Seni

SIDOARJO: Komunitas Seni Budaya BrangWetan punya kegiatan baru. Namanya “...

no-img
MENYAPA ANAK YATIM DI PANTI ASUHAN

MEWARNAI Bulan Ramadhan tahun ini Komunitas Seni Budaya BrangWetan mengadak...

no-img
Peringatan Seribu Tahun Prasasti Cane

LAMONGAN: Ini sebuah peristiwa yang sangat langka. Prasasti Cane yang dikel...

no-img
Rekomendasi Seminar Cagar Budaya Penanggungan

Keterangan foto: Ketua Fraksi PDIP DPRD Jatim, Sri Untari, menerima hadiah ...

no-img
PELUNCURAN BUKU “TJUK KASTURI SUKIADI SANG NASIONALIS”

SURABAYA: Pemikiran dan gagasan Tjuk Kasturi Sukiadi semoga dapat menjadi t...

no-img
Ketua DPRD: BrangWetan Harus Berkontribusi Bangun Sidoarjo

SIDOARJO: Ketua DPRD Kabupaten Sidoarjo, H. Usman, M.Kes, mengharapkan agar...