Seni Tradisi

Gelar Wayang Thengul Dalang Anak – Bapak

no-img
Gelar Wayang Thengul Dalang Anak – Bapak

BOJONEGORO: Dalang muda Trio Bayu Aji (18 tahun) akan menggelar pertunjukan wayang thengul bersama dengan dalang senior Sudarno Asmoro alias Ki Darno yang tak lain adalah ayah kandungnya sendiri. Pergelaran itu akan berlangsung semalam suntuk, hari Sabtu (12/5) di halaman UPTD Dinas Pendidikan Kec. Sugihwaras, Bojonegoro.

Dikabarlah oleh Suyanto Munyuk, penggerak kesenian Bojonegoro, pertunjukan yang berlangsung di desa  Sugihwaras itu berlangsung persis di depan Puskesmas Sugihwaras dan merupakan pentas seni periodik Disbudpar Bojonegoro berkolaborasi dalam rangka peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) dengan UPTD Dinas Pendidikan Kecamatan Sugihwaras.

“Tujuannya untuk memberikan hiburan kepada masyarakat dan pengenalan wayang thengul pada pelajar serta untuk melestarikan dan mengembangkan Wayang Thengul Bojonegoro,” ujar mantan Kasi Kebudayaan Disbudpar Kabupaten Bojonegoro itu.

Trio Bayu Aji adalah satu-satunya dalang muda wayang thengul putra daerah Bojonegoro yang saat ini masih menempuh pendidikan di SMKN XII Surabaya.  Penampilannya di  acara Parade Wayang Thengul di objek wisata Kahyangan Api belum lama ini telah mengundang kekaguman diantara 9 (sembilan) dalang senior yang tampil saat itu.

Dalam pergelaran kali ini dia menampilkan lakon Bandar Subali Balela dalam kemasan cerita pendek yang mengawali acara, kemudian dilanjutkan oleh Ki Sudarno  dengan lakon Begawan Ploso Garut Dusta (Babon Cerita Menak) yang berlangsung hingga dini hari hungga pukul pukul 04.00 WIB. (hnr)

In category: Seni Tradisi
Related Post
no-img
Ketoprak Adipati Terung dari Magetan

SURABAYA: Terung adalah sebuah desa di kawasan Krian, Sidoarjo, yang pada z...

no-img
Gelar Wayang Thengul Dalang Anak – Bapak

BOJONEGORO: Dalang muda Trio Bayu Aji (18 tahun) akan menggelar pertunjukan...

no-img
Ketoprak Tobong Masih Eksis di Kediri

Grup ketoprak “Suryo Budoyo” merupakan adalah ketoprak tobong y...

no-img
Catatan Evaluasi Ludruk Gita Praja Jombang

Oleh Cak Edy Karya Ludruk Gita Praja dari Kab. Jombang ketiban sampur menja...

no-img
Wayang Thengul Kembali ke Khittah

BOJONEGORO: Pelestarian dan pengembangan wayang thengul yang merupakan kese...

no-img
Bagaimana Kalau Wayang Dibuat ‘Games’ di HP?

SURABAYA: Era kesejagatan dalam IT (Informasi Teknologi) merupakan tantanga...